Minggu, 08 Juni 2014

Kota Parigi - Sulteng

Selain di Kabupaten Parigi Moutong (Sulawesi tengah), nama Parigi juga digunakan oleh beberapa daerah di Indonesia, yaitu sebagai nama salah satu kecamatan  di Kabupaten Pangandaran (Jawa Barat) dan di Kabupaten Gowa (Sulawesi Selatan). Kota Parigi merupakan salah satu dari 22 kecamatan yang ada di Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah. Luas wilayah Kota Parigi 23,50 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2012 sebanyak 29.826 jiwa, atau kepadatan penduduknya mencapai 1.269 jiwa per km2.

Kota Parigi terletak sekitar 900-an km jalan darat dari Kota Makassar (Sulawesi Selatan) dan sekitar 1.000-an km dari Kota Manado (Sulawesi Utara). Kota Parigi berbatasan dengan Teluk Tomini dan Kecamatan Parigi Tengah di sebelah utara; dengan Kecamatan Parigi barat di sebelah barat; dengan Teluk Tomini di sebelah timur; dan dengan Kecamatan Parigi Selatan di sebelah selatan.

Kota Parigi meliputi 11 desa/kelurahan, yaitu Bambalemo, Bantaya, Kampal, Lebo, Loji, Maesa, Masigi, Mertasari, Olaya, Parigimpu dam Pombalowo.

Data:
http://parigimoutongkab.bps.go.id/?hal=publikasi_detil&id=1

Peta:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar