Minggu, 08 Juni 2014

Kota Wonomulyo - Polman

Wonomulyo merupakan salah satu dari 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Polewali Mandar (Polman). Cikal bakal Wonomulyo merupakan sebuah kawasan hutan yang mulai dibuka tahun 1934 oleh transmigran asal Pulau Jawa, kemudian pada tahun 1937 mulai berstatus distrik (kecamatan). Perlahan tapi pasti Wonomulyo berkembangan menjadi sentra bisnis terpenting di Kabupaten Polman, terutama untuk hiburan dan kuliner. Kota Wonomulyo sangat kental dengan budaya Jawa.


Luas Kota Wonomulyo 72,82 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2012 mencapai 46.726 km2, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 642 jiwa per km2. Batas wilayah Kota Wonomulyo meliputi sebelah selatan dengan Teluk Mandar; sebelah barat dengan Kecamatan Mapili; sebelah utara dengan Kecamatan Mapili dan Tapango; dan sebelah timur dengan Kecamatan Matakali.

Wonomulyo meliputi 13 desa dan 1 kelurahan, yaitu  Arjosari, Bakka-Bakka, Banua Baru, Bumi Mulyo, Bumiayu, Campurjo, Geleso, Kebunsari, Nepo, Sidodadi, Sidorejo, Sugih Waras, Sumberjo dan Tumpiling.



Peta :

Data :

Artikel :
Ini-wonomulyo-kampung-jawa-di-tanah-mandar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar