Kamis, 01 Januari 2015

Kota Kumai

Oleh : Atep Afia Hidayat - Kota Kumai merupakan salah satu dari enam kecamatan yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah. Luas Kota Kumai mencapai 2.920,82 km2 atau sekitar 27,15 persen dari luas Kabupaten Kotawaringin Barat, atau sekitar 4,4 kali luas Kota Jakarta (Provinsi DKI Jakarta). Adapun jumlah penduduk Kota Kumai tahun 2013 sebanyak 51.056 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya 45 jiwa per km2.

Kota Kumai meliputi tiga kelurahan dan 15 desa, dengan kisaran jumlah penduduk antara 300 - 8.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Kumai Hulu, Kumai Hilir, Sungai Kapitan, Bumi Harjo dan Candi. Kota Kumai memiliki pelabuhan yang dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), yang memiliki hubungan (rute kapal) dengan Pelabuhan Sampit, Tanjung Priuk (Jakarta), Semarang dan Tanjuk Perak (Surabaya).

Adapun batas wilayah Kota Kumai meliputi sebelah barat dengan Kecamatan Arut Selatan; sebelah utara dengan Kecamatan Pangkalan Lada dan Pangkalan Banteng; sebelah timur dengan Kabupaten Seruyan; dan sebelah selatan dengan Teluk Kumai/Laut Jawa.

Sumber :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar