Sabtu, 03 Januari 2015

Kota Pemangkat

Oleh : Atep Afia Hidayat - Kota Pemangkat merupakan kawasan yang paling padat di Kabupaten Sambas, yaitu mencapai 402 jiwa per km2. Pemangkat merupakan salah satu dari 19 kecamatan di Kabupaten Sambas, memiliki luas wilayah 111 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2012 sebanyak 44.579 jiwa, menempati peringkat keempat setelah Kota Tebas, Teluk Keramat dan Sambas.


Kota Pemangkat meliputi lima desa dengan kisaran jumlah penduduk antara 3.000 - 13.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Harapan, Pemangkat Kota, Penjajap, Jelutung dan Perapakan. Sebelumnya wilayah Kecamatan Pemangkat juga meliputi Semparuk dan Salatiga yang belakangan dimekarkan menjadi kecamatan baru.

Pemangkat merupakan satu dari tujuh kecamatan yang wilayahnya berada di pesisir yang berbatasan langsung dengan Selat Karimata. Enam kecamatan lainnya yaitu Selakau, Salatiga, Jawai Selatan, Jawai, Tengaran dan Paloh. Kecamatan Paloh berada pada bagian utara Kabupaten Sambas berbatasan langsung dengan Negara Bagian Serawak, Malaysia.

Adapun batas wilayah Kota Pemangkay meliputi sebelah barat dengan Selat Karimata; sebelah utara dengan Selat Karimata dan Sungai Sambas serta bersebrangan dengan Kecamatan Jawai Selatan; sebelah timur dengan kecamatan Semparuk; dan sebelah selatan dengan Kecamatan Salatiga.

Sumber :

http://saripedia.files.wordpress.com/2010/11/kalbar.jpg

Artikel :
Sejarah Kota Pemangkat http://irwansahaja.blogspot.com/2013/02/sejarah-pemangkat-oleh-fmkp.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar