Sabtu, 03 Januari 2015

Kota Rasau Jaya

Oleh : Atep Afia Hidayat - Kota Rasau Jaya merupakan salah satu dari sembilan kecamatan yang ada di Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat. Rasau Jaya memiliki luas wilayah 111,07 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2012 sebanyak 24.691 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya 222 jiwa per km2.


Rasau Jaya merupakan kawasan dengan tingkat kepadatan penduduk yang menempati peringkat kedua di Kabupaten Kubu Raya, yaitu seteleh Sungai Kakap. Selain itu Rasau Jaya merupakan kecamatan dengan wilayah paling sempit di Kabupaten Kubu Raya.

Kota Rasau Jaya meliputi enam desa dengan kisaran jumlah penduduk antara 1.000 - 8.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Rasau Jaya I, Rasau Jaya Umum, Rasau Jaya II, Rasau Jaya III dan Pematang Tujuh.

Adapun batas wilayah Kota Rasau Jaya ialah sebelah barat dengan Kecamatan Teluk Pakedai; sebelah utara dengan Kecamatan Sungai Kakap dan Sungai Raya; sebelah timur dengan Kecamatan Sungai Raya; dan sebelah selatan dengan Kecamatan Kubu.

Sumber :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.