Rabu, 07 Januari 2015

Kota Semarapura - Klungkung

Oleh : Atep Afia Hidayat - Kota Semarapura merupakan ibukota Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali, terletak di Kecamatan Klungkung. Kecamatan Klungkung sendiri merupakan salah satu dari empat kecamatan di Kabupaten Klungkung.. Jika Kota Semarapura diidentikan dengan Kecamatan Klungkung, maka luas wilayahnya 29,05 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2014 sebanyak 57.000 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya 1.962 km2.


Kota Semarapura (Kecamatan Klungkung) meliputi enam kelurahan dan dua belas desa dengan kisaran jumlah penduduk antara 1.000 - 6.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Semarapura Kelod Kangin, Semarapura Kelod, Gelgel, Akah dan Selat. Semarapura sendiri meliputi kelurahan/desa Semarapura Kelod Kangin, Semarapura Kelod, Semarapura Kangin, Semarapura Tengah, Semarapura Kauh dan Semarapura Kaja.

Adapun batas wilayah Kota Semarapura (Kecamatan Klungkung) meliputi sebelah utara dengan Kabupaten Karangasem; sebelah timur dengan Kabupaten Karangasem dan Kecamatan Dawan; sebelah selatan dengan Selat Badung; dan sebelah barat dengan Kecamatan Banjarangkan.

Sumber:

http://klungkungkab.bps.go.id/index.php?hal=tabel&id=8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar