Kamis, 01 Januari 2015

Kota Sampit

Oleh : Atep Afia Hidayat - Kota Sampit merupakan ibukota Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Kota Sampit merupakan bagian dari Kecamatan Mentawa Baru/Ketapang, salah satu dari 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Kotim. Kalau Kota Sampit diidentikan dengan Kecamatan Mentawa Baru, maka luas wilayahnya mencaoai 726,03 km2, dengan jumlah penduduk tahun 2013 sebanyak 81.526 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 112 jiwa per km2.
Kota Sampit memiliki pelabuhan dan bandar udara (Bandar Udara H Asan di Kecamatan Baamang, sebelah utara Kota Sampit) yang mengubungkannya dengan berbagai kota di Kalimantan dan Jawa.

Kecamatan Mentawa Baru meliputi lima kelurahan dan enam desa, dengan kisaran jumlah penduduk antara 3.000 - 21.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Mentawa Baru Hilir, Ketapang, Mentawa Baru Hulu, Sawahan dan Pasir Putih.

Adapun batas wilayah Kota Sampit (Mentawa Baru) meliputi sebelah utara dengan Kecamatan Baamang; sebelah selatan dan barat dengan Kecamatan Mentaya Hilir Utara; dan sebelah timur dengan Kecamatan Seranau.

Sumber :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar