Senin, 05 Januari 2015

Kota Singaraja

Oleh : Atep Afia Hidayat - Kota Singaraja pernah menyandang status sebagai ibukota Provinsi Bali, yang kemudian dipindahkan ke Denpasar. Kota Singaraja terletak di Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, sekaligus menjadi ibukota kabupaten, merupakan salah satu dari sembilan kecamatan yang ada. Kalau wilayah Kota Singaraja diidentikan dengan Kecamatan Buleleng, maka luas wilayahnya 46,94 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2013 sebanyak 132.640 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya 2.826 jiwa per km2, jauh di atas rata-rata kepadatan penduduk Kabupaten Buleleng 467 jiwa per km2.


Sekitar 21 persen penduduk Kabupaten Buleleng bermukum di Kota Singaraja (Kecamatan Buleleng), padahal luas Kota Singaraja  hanya 3,4 persen dari luas Kabupaten Buleleng. Kota Singaraja meliputi 17 kelurahan dan 12 desa dengan kisaran jumlah penduduk antara   500 - 16.500 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Banyukuning, Penarukan, Banyuasri, Kampung Baru dan Kalibukbuk.

Adapun batas wilayah Kota Singaraja ialah di sebelah barat dengan Kecamatan Banjar dan Laut Bali; di sebelah utara dengan Laut Bali; sebelah timur dengan Kecamatan Sawan; dan sebelah selatan dengan Kecamatan Sukasada.

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar