Sabtu, 03 Januari 2015

Kota Simpang Hilir

Oleh : Atep Afia Hidayat - Kota Simpang Hilir merupakan salah satu dari enam kecamatan di Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat. Luas Kota Simpang Hilir 1.538,99 km2 (sekitar 33,69 persen dari luas Kabupaten Kayong Utara), dengan jumlah penduduk tahun 2012 sebanyak 30.093 jiwa, dengan kepadatan penduduk 20 jiwa per km2.


Simpang Hilir merupakan kawasan dengan jumlah penduduk paling banyak di Kabupaten Kayong Utara. Bagian barat wilayah Simpang Hilir merupakan Taman Nasional Gunung Palung.

Kota Simpang Hilir meliputi 12 desa dengan kisaran jumlah penduduk antara 800 - 4.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Rantau Panjang, Padu Banjar, Sungai Mata-Mata, Teluk Melanau dan Nipah Kuning.

Adapun batas wilayah Kota Simpang Hilir sebelah barat dengan Kecamatan Teluk Batang dan Teluk Sukadana; sebelah selatan dengan Kecamatan Sukadana dan Kabupaten Ketapang; sebelah timur dengan Kabupaten Ketapang; serta sebelah utara dengan Kabupaten Ketapang dan Kecamatan Seponti.

Sumber :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar