Rabu, 07 Januari 2015

Kota Nusa Penida

Oleh : Atep Afia Hidayat - Kota Nusa Penida merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Wilayah Nusa Penida terdiri dari Pulau Nusa Penida, Nusa Lembongan, Nusa Ceningan dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Luas wilayah Kota Nusa Penida 209,41 km2 atau sekitar 66,48 persen dari luas Kabupaten Klungkung. Sedangkan jumlah penduduk Kota Nusa Penida tahun 2014 sebanyak 45.380 jiwa atau sekitar 25,96 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Klungkung.


Kepadatan penduduk Kota Nusa Penida 217 jiwa per km2, jauh di bawah tingkat kepadatan penduduk Kecamatan Klungkung, Dawan dan Banjarangkan yang ada di daratan Pulau Bali.

Kota Nusa Penida meliputi 16 desa dengan kisaran jumlah penduduk antara 500 - 5.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Batununggul, Lembongan, Batukandik, Ped dan Suana.

Kota Nusa Penida dikelilingi oleh perairan Selat Badung di sebelah utara yang memisahkannya dengan ibukota kabupaten di Semarapura, Kecamatan Klungkung (daratan Pulau Bali); Samudera Indonesia di sebelah barat dan selatan; dan Selat Lombok di sebelah timur.

Sumber :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar