Jumat, 02 Januari 2015

Kuala Kurun

Oleh : Atep Afia Hidayat - Kota Kuala Kurun merupakan ibukota Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah. Kota Kuala Kurun merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas. Kurun merupakan satu dari 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Gunung Mas. Kecamatan Kurun  meliputi dua kelurahan dan 13 desa.


Jika diidentikan dengan Kecamatan Kurun, maka luas Kota Kuala Kurun mencapai 876 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2013 sebanyak 25.063 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya 29 jiwa per km2. Jumlah penduduk Kecamatan Kurun sekitar 23,89 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Gunung Mas, sedangkan luas wilayahnya 8,11 persen dari Kabupaten Gunung Mas. Tingkat kepadatan penduduk Kabupaten Gunung Mas 10 jiwa per km2.

Kisaran jumlah penduduk setiap kelurahan/desa di Kecamatan Kurun antara 200 - 9.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Kuala Kurun, Tampang Tumbang Anjir, Teluk Nyatu, Tumbang Miwan dan Tumbang Tambirah. Sekitar 35 persen penduduk Kecamatan Kurun bermukim di Kelurahan Kuala Kurun.

Adapun batas wilayah Kecamatan Kurun meliputi sebelah barat dengan Kecamatan Tewah dan Rungan; sebelah selatan dengan Kecamatan Mihing Raya; sebelah timur dengan Kabupaten Kapuas; serta sebelah utara dengan Kabupaten Kapuas dan Kecamatan Tewah.

Sumber :



Artikel Perjalanan Ke Kota Kuala Kurun :
http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2013/09/04/membelah-hutan-kalimantan-tengah-588722.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar