Senin, 10 Februari 2014

Kota Takengon

Kota Takengon merupakan ibukota Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Ternyata Takengon belum berstatus otonom, bahkan bukan merupakan sebuah kecamatan. Nama Takengon tepatnya adalah nama dua dari 15 desa/kelurahan di Kecamatan Lut tawar, yaitu Takengon Timur dan Takengon Barat. Seandainya Kota Takengon identik dengan Kecamatan Lut Tawar, maka luas wilayahnya mencapai 99,56 km2 dengan jumlah penduduk pada tahun 2012 sebanyak 18.858 jiwa, sehingga kepadatannya mencapai 189 jiwa per km2.


Kota Takengon berada pada ketinggian 1.200 m di atas permukaan laut (dpl), berjarak sekitar 319 km dari Kota Banda Aceh. Ada keinginan dari masyarakat setempat untuk menjadikan Takengon menjadi kota otonom, yaitu melalui penggabungan Kota Takengon/Kecamatan Lut Tawar dengan  Kecamatan Bebesan, Kute Panang dan Bies. Empat dari 14 kecamatan tersebut akan membentuk sebuah kota otonom dengan luas wilayah 210,67 km2 atau sekitar 4,88 persen dari luas Kabupaten Aceh Tengah. Sedangkan jumlah penduduknya akan mencapai 68.808 jiwa atau sekitar 37,34 persen dari luas Kabupaten Aceh Tengah.

Batas wilayah Kota Takengon (Lut Tawar) meliputi sebelah barat dengan Kecamatan Bebesan dan Pegasing; sebelah utara dengan Danau Laut Tawar; sebelah timur dengan Kecamatan Bintang; dan sebelah selatan dengan Kecamatan Linge. Berikut peta Kota Takengon :



View Larger Map

Gambar:
http://www.kpu.go.id/dmdocuments/04_lay_aceh%20tengah(1).pdf

Data:
http://acehtengahkab.bps.go.id/index.php?r=publikasi/view&id=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar