Rabu, 15 Oktober 2014

Kota Alalak

Kota Alalak merupakan salah satu dari 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan. Luas wilayah Kota Alalak 106,85 km2 dengan jumlah pendudik 42.111 jiwa (tahun 2009), sehingga kepadatan penduduknya 392 km2. Kota Alalak merupakan kecamatan dengan jumlah penduduk paling banyak dan dengan kepadatan penduduk paling tinggi di Kabupaten Barito Kuala.

Kota Alalak meliputi tiga kelurahan dan 15 desa, dengan kisaran jumlah penduduk antara 400 - 11.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Semangat Dalam, Handil Bakti, Barangas Timur, Beringin dan Barangas Barak. Sekitar 25 persen penduduk Kecamatan Alalak bermukim di Kelurahan Semangat Dalam. Salah satu desa/kelurahan di Kecamatan Alalak memiliki bentuk wilayah yang unik, yaitu berupa sebuah pulau di tengah Sungai Barito, yaitu Pulau Alalak.

Adapun batas wilayah Kota Alalak meliputi sebelah barat dengan Sungai Barito bersebrangan dengan wilayah Kecamatan Tamban dan Anjir Muara; sebelah utara dengan Kecamatan Belawang; sebelah timur dengan Kecamatan Mandastana; serta sebelah selatan dengan Kota Banjarmasin; dengan demikian Alalak menjadi penyangga bagi perkembangan Kota Banjarmasin di sebelah utara.

Sumber :

http://kpu.go.id/dmdocuments/6304_Barito%20Kuala.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar