Jumat, 10 Oktober 2014

Kota Kubung

Kota Kubung merupakan salah satu dari 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat. Wilayah Kota Kubung antara bagian utara dan selatan dipisahkan oleh keberadaan Kota Solok.
Di sebelah barat berbatasan dengan Kota Padang; di sebelah selatan dengam Kecamatan Gunung Talang; di sebelah timur dengan Kecamatan Bukit Sundi dan IX Koto Sei Lasi; dan di sebelah utara dengan Kecamatan X Koto Singkarak. Sebagian wilayah Kota Kubung masuk kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Luas wilayah Kota Kubung 192,00 km2  dengan jumlah penduduk tahun 2012 sebanyak 57.334 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 299 jiwa per km2. Kota Kubung merupakan kecamatan dengan jumlah penduduk paling banyak di Kabupaten Solok, peringkat berikutnya berturut-turut Lembah Gumanti, Gunung Talang, IX Koto Singkarak dan Lembah Jaya.

Kota Kubung meliputi delapan nagari (desa) dengan kisaran jumlah penduduk antara 1.000 - 20.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Nagari Koto Baru, Nagari Selayo, Nagari Saok Laweh, Nagari Gantuang Ciri dan Nagari Panyakalan.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar