Kamis, 30 Oktober 2014

Kota Pecangaan

Oleh : Atep Afia Hidayat - Kota Pecangaan merupakan salah satu dari 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Kota Pecangaan memiliki luas wilayah 35,88 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2012 sebanyak 80.632 jiwa, sehingga kepadatan penduduk mencapai 2.247 jiwa per km2. Pecangaan merupakan kawasan terpadat kelima di Kabupaten Jepara, yaitu setelah Jepara, Tahunan, Welahan dan Kalinyamatan.


Kota Pencangaan meliputi 12 desa dengan kisaran jumlah penduduk antara 1.000 - 20.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Troso, Pecangaan Kulon, Ngeling, Krasak dan Rengging. Sebagai catatan Troso merupakan desa dengan jumlah penduduk paling banyak di Kabupaten Jepara, sekitar 25 persen penduduk Kecamatan Pecangaan bermukim di Desa Troso.

Adapun batas wilayah Kota Pecangaan meliputi sebelah selatan dengan Kecamatan Kalinyamatan dan Welahan; sebelah barat dengan Kabupaten Demak dan Kecamatan Kedung; sebelah utara dengan Kecamatan Tahunan dan Balealit; dan sebelah timur dengan Kecamatan Kalinyamatan dan Batealit.

Sumber :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.