Rabu, 15 Oktober 2014

Kota Sungai Tabuk

Kota Sungai Tabuk merupakan salah satu dari 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. Luas Kota Sungai Tabuk 147,30 km2  atau sekitar satu setengah kali luas Kota Banjarmasin.
Jumlah penduduk Kota Sungai Tabuk pada tahun 2013 sebanyak 60.764 jiwa, dan menempati peringkat kedua sebagai kecamatan dengan jumlah penduduk paling banyak di Kabupaten Banjar, yaitu setelah Kecamatan Martapura. Adapun tingkat kepadatan penduduk Kota Sungai Tabuk 413 jiwa per km2.


Kota Sungai Tabuk berbatasan langsung dengan Kota Banjarmasin di sebelah barat, sehingga menjadi salah satu penyangga perkembangan kota terbesar di Kalimantan Selatan tersebut. Batas wilayah Kota Sungai Tabuk lainnya ialah sebelah utara dengan Kabupaten Barito Kuala; sebelah timur dengan Kecamatan Martapura Barat; serta sebelah selatan dengan Kecamatan Gambut dan Kertak Hanyar.

Kota Sungai Tabuk meliputi satu kelurahan dan 20 desa, dengan kisaran jumlah penduduk antara 1.000 - 13.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Sungai Lulut, Gudang Hirang, Sungai Tabuk Keramat, Sungai Bakung dan Sungai Tabuk Kota.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar