Rabu, 29 Oktober 2014

Kota Tahunan

Oleh : Atep Afia Hidayat - Kota Tahunan merupakan salah satu dari 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Kota Tahunan memiliki luas wilayah 38,91 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2012 sebanyak 107.444 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 2.762 jiwa per km2. Tahunan merupakan kecamatan dengan jumlah penduduk paling banyak di Kabupaten Jepara, dan kepadatan penduduknya menempati peringkat kedua setelah Kecamatan Jepara.


Kota Tahunan meliputi 15 desa dengan kisaran jumlah penduduk antara 1.000 - 16.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Kecapi, Tahunan, Ngabul, Mantingan dan Krapyak. Sekitar 60 persen warga Kota Tahunan bermukim di lima desa tersebut.

Tahunan merupakan satu dari delapan kecamatan di Kabupaten Jepara yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Ketujuh kecamatan lainnya ialah Donorojo, Keling, Kembang, Bangsri, Mlongo, Jepara dan Kedung.

Adapun batas wilayah Kota Tahunan meliputi sebelah barat dengan Laut Jawa; sebelah selatan dengan Kecamatan Kedung dan Pecangan; sebelah timur dengan Kecamatan Batealit; serta sebelah utara dengan Kecamatan Pakisaji dan Jepara.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar