Jumat, 10 Oktober 2014

Kota IV Jurai (Painan)

Kota IV Jurai merupakan salah satu dari 15 kecamatan di Kabupatet Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Di IV Jurai terdapat pusat pemerintahan Kabupaten Pesisir Selatan, tepatnya di Painan. Luas Kota IV Jurai 373,80 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 44.369 jiwa (tahun 2012), sehingga kepadatan penduduknya 119 jiwa per km2.


Kota IV Jurai meliputi enam nagari (desa) dengan kisaran jumlah penduduk antara 3.000 - 15.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Painan, Lumpo, Salido, Sago Salido dan Tambang. Dalam perkembangannya enam nagari tersebut dimekarkan menjadi 20 nagari, sebagai contoh Painan dimekarkan menjadi Painan Selatan, Painan Timur dan Painan Utara; Lumpo dimekarkan menjadi Lumpo Barat, Lumpo Timur, Lumpo Selatan dan Lumpo Utara.

Batas wilayah Kota IV Jurai meliputi sebelah barat dengan Samudera Indonesia; sebelah utara dengan Kecamatan Bayang dan IV Nagari Bayang Utara; sebelah timur dengan Kabupaten Solok; dan sebelah selatan dengan Kecamatan Batang Kapas.

Sumber :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar