Jumat, 10 Oktober 2014

Kota Gunung Talang (Arosuka)

Kota Gunung Talang merupakan salah satu dari 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat. Kedudukannya menjadi lebih penting karena di Kecamatan Gunung Talang terdapat lokasi pusat pemerintahan Kabupaten Solok, tepatnya di Arosuka (Kayu Aro dan Sukarami) yang masuk wilayah Nagari Batang Barus.


Luas Kota Gunung Talang  385 km2 dengan jumlah penduduk 48.351 jiwa (tahun 2012), sehingga kepadatan penduduknya mencapai 126 jiwa. Kota Gunung Talang meliputi delapan nagari (desa) dengan kisaran jumlah penduduk antara 1.000 - 16.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Nagari Cupak, Nagari Talang, Nagari Batang Barus, Nagri Koto Gadang Guguak dan Nagari Jawi-Jawi Guguak.

Batas wilayah Kota Gunung Talang meliputi sebelah barat dengan Kota Padang dan Kabupaten Pesisir Selatan; sebelah selatan dengan Kabupaten Pesisir Selatan dan Kecamatan Danau Kembar; sebelah timur dengan Kecamatan Lembang Jaya dan Bukit Sundi; serta sebelah utara dengan Kecamatan Kubung.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar