Rabu, 29 Oktober 2014

Kota Sukolilo

Kota Sukolilo merupakan salah satu dari 21 kecamatan yang ada di Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah. Sukolilo merupakan kecamatan dengan wilayah paling luas yaitu mencapai 158,74 km2, merupakan wilayah paling barat dan selatan Kabupaten Pati, berbatasan langsung dengan Kabupaten Grobogan di selebelah selatan dan barat; dengan Kabupaten Kudus di sebelah barat dan utara; serta dengan Kecamatan Kayen di sebelah timur.

Jumlah penduduk Kota Sukolilo mencapai 86.043 jiwa (tahun 2012), menempati peringkat ketiga setelah Pati dan Juwana, tersebar di 16 desa. Kisaran jumlah penduduk setiap desa antara 2.000 - 12.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Sukolilo (Desa Sukolilo menempati peringkat pertama sebagai desa/kelurahan berpenduduk paling banyak di Kabupaten Pati), Prawoto (menempati peringkat ketiga sebagai desa/kelurahan berpdnduduk paling banyak di Kabupaten Pati), Wotan, Baturejo dan Baleadi.

Kepadatan penduduk Kota Sukolilo 542 jiwa per km2, menempati peringkat kedua sebagai kecamatan paling langka penduduknya, yaitu setelah Kecamatan Winong (499 jiwa per km2), sedangkan rata-rata kepadatan penduduk Kabupaten Pati 803 jiwa per km2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar