Rabu, 08 Oktober 2014

Kota Enam Lingkung (Parik Malintang)

Kota Enam Lingkung merupakan salah satu dari 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Pariaman, Provinsi Sumatera Barat. Posisi Kota Enam Lingkung menjadi leboh penting karena menjadi ibukota Kabupaten Padang Pariaman, tepatnya di Nagari Parik Malintang. Luas Kota Enam Lingkung 39,20 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2012 sebanyak 19.265 jiwa.
Sebenarnya belum termasuk katagori kota kecil, jumlah penduduk kurang dari 20.000 jiwa, namun memperhatikan kedudukannya sebagai ibukota kabupaten, maka akan mengalami pertumbuhan jumlah penduduk yang cepat.. Kepadatan penduduk Kota Enam Lingkung 491 jiwa per km2.

Kota Enam Lingkung meliputi lima nagari (desa) dengan kisaran jumlah penduduk antara 1.000 - 6.000 jiwa, dengan peringkat jumlah penduduk paling banyak berturut-turut Parik Malintang, Pakandangan, Koto Tinggi, Gadua, dan Toboh Ketek.

Adapun batas wilayah Kota Enam Lingkung meliputi sebelah selatan dengan Kecamatan Suntuk Toboh Gadang dan Lubuk Alung; sebelah timur dengan Kecamatan 2 x 11 Kayu Tanam; sebelah utara dengan Kecamatan 2 x 11 Enam Lingkung dan VII Koto; serta sebelah timur dengan Kecamatan VII Koto dan Nan Sabaris.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar